My World of Human Resource Development

Saturday, July 08, 2006

Great Teacher

Dalam salah satu buku karangan Andrias Harefa yang pernah saya baca, disinggung soal Universitas Kehidupan. Sebenarnya tanpa sekolah formal pun kita ini sudah berada dalam sebuah universitas yang sangat besar yaitu Universitas Kehidupan. Menurut Andrias Harefa, Universitas Kehidupan dicirikan oleh dua hal, yaitu:

  • Setiap orang adalah guru.
  • Setiap tempat adalah sekolah.

Setiap saya diminta menjadi pembicara dalam seminar (topik apapun), Universitas Kehidupan ini sering saya singgung. Hanya saja cirinya menurut saya perlu ditambah dua hal lagi, yaitu:

  • Setiap hal yang terjadi adalah media belajar.
  • Kurikulumnya yang menyusun adalah "mahasiswa" sendiri.

Kali ini, saya ingin menyinggung ciri yang pertama saja, yaitu: “Setiap orang adalah guru.” Kata banyak orang, guru dan yang dikerjakan oleh guru itu dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:
A bad teacher, tells.
A good teacher, shows.
A great teacher, inspires.

Alangkah hebatnya jika banyak orang berusaha menjadikan dirinya menjadi great teacher sehingga bisa menginspirasi orang-orang lain di sekitarnya. Mari kita jadikan Indonesia tercinta ini menjadi The Great University of Life.

1 Comments:

  • At 2:04 AM, Blogger kamukti said…

    sy setuju dengan artikel yang bpk tulis, tapi untuk menjadi seorang great teacher harus belajar banyak hal lagi,nggih nopo mboten? sy mulai menyukai dunia pendidikanpun juga karena guru sy, beliau banyak memberi cerita2 kehidupan, dan sering mengajak sharing murid2nya. Dan satu kalimat dari guru sy yang selalu teringat, beliau berkata: pendidikan bukan hanya untuk murid2mu saja tapi juga untuk mendidik dirimu sendiri. Kalimat tersebut yang membuat sy ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai dunia pendidikan.

     

Post a Comment

<< Home